Memilih Jurusan Psikologi ?

Ada lagi nih tentang psikologi 🙂 Ya Allah suka banget dan berharap banyak sama jurusan ini! Amiin 😀 Baca langsung aja ya 🙂

Terdapat banyak kemungkinan yang dapat menjadi alasan mengapa seseorang memilih kuliah di jurusan Psikologi (perlu diteliti lebih lanjut).

Kemungkinan tersebut dapat karena alasan ikut ikutan teman, di arahkan orang tua, karena bingung/coba coba, karena suka membaca / belajar ilmu psikologi atau karena berfikir dengan belajar ilmu psikologi dapat membantu memecahkan masalah pribadi dsb.

Khusus untuk pilihan “belajar psikologi agar dapat membantu memecahkan masalah pribadi”, apakah setelah menekuninya, Anda justru merasa semakin sulit memahami diri Anda, sehingga harapan awal kuliah di Psikologi sebagai solusi masalah pribadi Anda, justru tidak tercapai ?

Jika jawabannya Ya, berarti Anda perlu merivisi ulang motif Anda ! Mengapa demikian ? Karena belajar psikologi sebagai sebuah ilmu dengan belajar psikologi untuk “menerapi diri Anda” adalah dua hal yang berbeda, dimana :

  • belajar psikologi sebagai sebuah ilmu bertitik tolak dari pemahaman bahwa ilmu psikologi adalah sebuah “alat” bukan “tujuan”
  • belajar psikologi sebagai sebuah ilmu menempatkan Anda dalam posisi pengamat, sementara memiliki masalah pribadi menempatkan Anda dalam posisi korban
  • belajar psikologi sebagai sebuah ilmu berarti merangsang Anda untuk mengolah kognitif, melakukan analisa ataupun memerlukan logika Anda, sedang ”menerapi diri Anda” berarti mengolah panca indra dan tabula rasa Anda.

Kiranya itu pula yang menjadi alasan mengapa membaca baca buku motivasi/training kepribadian bagi seseorang yang sedang memiliki masalah terkadang tidak banyak membantu.

Jadi jika yang menjadi tujuan Anda adalah ingin memecahkan masalah, Anda tidak perlu membuang buang waktu dengan kuliah di jurusan Psikologi, melainkan mintalah bantuan profesional, namun jika kuliah psikologi karena Anda menyukainya dan ingin menjadikan diri Anda berguna bagi orang lain, percayalah Anda kelak akan jadi psikolog terbaik.

 

Sumber: http://servoclinic.com/2010/05/06/memilih-jurusan-psikologi/

Penulis -evintaprska 🙂

Leave a comment